FA Cup:Kompetisi Tertua Di Tanah Britania

on 1.08.2012

FA Cup merupakan kompetisi tertua di inggris,kompetisi ini adalah kompetisi domestik pada awalnya dimulai pada tahun 1871.namun setelah lebih dari 130 tahun,kompetisi ini menjadi besar dan diikuti lebih dari 600 klub,mulai dari klub yang amatiran hingga klub premiership ikut serta di kompetisi ini.
 Pada awal dimulainya kompetisi ini,hanya ada 17 klub yang berkompetisi.wanderers berhasil menjadi juara setelah mengalahkan kennington oval dengan skor tipis 1-0,gol dicetaak oleh Morton Betts.namun ukuran dari pialanya lebih kecil dari yang sekarang dengan kisaran harga sekitar 20 pounds.
 Setelah adanya gagasan dari Duke Of York,maka terhitung sejak tahun 1923 final FA Cup pun digelar di Stadium Wembley.stadiun yang hingga sekarang menjadi simbol kebanggaan sepakbola di inggris dengan total biaya pembangunan sekitar 750.000 pounds.
 Nottingham Forest,menjadi klub yang mencatatkan rekor dengan gol terbanyak dalam satu pertandingan dengan mengalahkan Clapton 14-0 pada musim 1890/1891.Manchester United sendiri sudah mengantongi 11 gelar di kompetisi ini.

 Salah satu final yang menarik adalah 3 gol di masa injury time. Hal ini terjadi pada final tahun 1979 saat Arsenal mengalahkan Manchester United 3-2. Pada babak pertama Arsenal unggul 1-0, kemudian diperbesar menjadi 2-0 di pertengahan babak kedua. Namun dalam waktu 2 menit di penghujung babak kedua, Manchester United berhasil menyamai skor menjadi 2-2, sebelum gol dari Alan Sunderland semenit kemudian untuk membuat Arsenal menang.
Final tahun 2006, saat Liverpool menjungkalkan West Ham lewat adu penalti, dianggap sebagai salah satu final terbaik. Kala itu, Liverpool yang difavoritkan tertinggal lebih dulu sebelum pada masa injury time babak kedua Steven Gerrard menyamakan kedudukan. Namun "The Reds" kemudian bisa memaksakan skor imbang 3-3 dan akhirnya menang lewat adu penalti.

0 komentar:

Posting Komentar